rss

daftar isi lengkap

15 Mei 2011

10 Gunung Tertinggi Di Dunia

Dasa Warta - Sahabat DW, berikut ini merupakn ke-10 daftar gunung tertinggi di dunia, yang masih merupakan gugusan pegunungan himalaya dan terletak di antara 4 negara, seperti, Nepal, China , Tibet, dan India :

1. Gunung Everest ( Mount Everest )


Gunung Everest adalah gunung tertinggi di dunia (jika diukur dari paras laut). Rabung puncaknya menandakan perbatasan antara Nepal dan Tibet; puncaknya berada di Tibet. Di Nepal, gunung ini disebut Sagarmatha.

Gunung ini mendapatkan nama bahasa Inggrisnya dari nama Sir George Everest. Nama ini diberikan oleh Sir Andrew Waugh, surveyor-general India berkebangsaan Inggris, penerus Everest. Puncak Everest merupakan salah satu dari tujuh puncak di dunia. Gunung ini mempunyai ketinggian sekitar 8.850 m, dan menjadi top puncak gunung tertinggi di dunia.

2. Gunung K2 ( Gunung Chogori )


Gunung K2 adalah gunung tertinggi ke-2 di dunia. Terletak di bagian Karakoram dari Himalaya antara Pakistan dan Republik Rakyat Cina; merupakan pegunungan nasional di Pakistan. Tinggi peguungan ini mencapai 8,611 meter (28,251 kaki). Konon, pegunungan ini lebih sulit didaki daripada Gunung Everest karena cuacanya yang buruk. K2 juga lebih tinggi di daerah sekitarnya bila dibandingkan ke Everest. K2 dijuluki "Pegunungan Kejam" karena hal ini. Pada tahun 2004, hanya 246 orang yang berhasil mendaki sampai ke puncak. Setidaknya 56 orang meninggal ketika mencoba mendakinya.

Nama tak resmi untuk K2 ialah Gunung Godwin Austen, dinamai dari nama orang yang pertama kali memanjatnya. Selain itu pegunungan ini juga dinamai Qogir (diturukan dari Chogori), Lamba Pahar, Dapsang, Kechu, Ketu, dll.

3. Gunung Kangchenjunga


Kangchenjunga adalah gunung tertinggi ke-3 di dunia setelah Gunung Everest dan Chogori) dengan ketinggian 8.586 meter (28.169 kaki). Gunung ini juga adalah gunung tertinggi ke-2 di Nepal. Kangchenjunga berarti "Lima Harta Karun Salju, karena ia terdiri dari 5 puncak, empat diantaranya mencapai lebih dari 8.450 meter. Harta karun itu melambangkan 5 benda milik dewa yaitu emas, perak, permata, biji-bijian dan kitab suci. Kangchenjunga disebut Sewalungma dalam bahasa Limbu dan disucikan dalam tradisi agama Kirant. Tiga dari 5 puncaknya (utama, tengah, dan selatan) membatasi wilayah Sikkim Utara dari distrik Sikkim, India dan Distrik Taplejung di Nepal, dan 2 yang lain berada di Distrik Taplejung. Selain itu wilayah ini juga dijadikan Kangchenjunga Conservation Area Project oleh World Wildlife Fund, yang melindungi satwa Panda Merah, burung, dan tanaman khas Nepal. Bagian India juga memiliki wilayah yang dilindungi dalam Taman Nasional Khangchendzonga.

4. Gunung Lhotse


Lhotse merupakan sebuah gunung di Nepal dan RRC. Gunung ini terletak di bagian utara di negara itu. Gunung ini memiliki ketinggian 8.516 m (27.940 kaki) dan merupakan gunung tertinggi ke-4 di dunia dan merupakan salah satu puncak yang membentuk kelompok dari Gunung Everest.

Orang yang mendaki di gunung tersebut ialah Fritz Luschinger dan Ernst Reiss pada 18 Mei 1956.

5. Gunung Makalu


Makalu adalah tertinggi kelima gunung di dunia dengan ketinggian 8.481 meter (27.825 kaki) dan terletak 19 km (12 mi) tenggara Gunung Everest , di perbatasan antara Nepal dan Cina . Makalu adalah puncak terisolasi yang bentuknya adalah empat-sisi piramida .

Pendaki Gunung Makalu pertama kali yaitu pada tanggal 15 Mei 1955 oleh Lionel Terray dan Jean Couzy dari Perancis ekspedisi yang dipimpin oleh Jean Franco.

6. Gunung Cho Oyu


Cho Oyu adalah tertinggi ke-enam gunung di dunia pada 8.201 meter (26.906 kaki) di atas permukaan laut. Cho Oyu terletak di Himalaya dan 20 km barat Gunung Everest , di perbatasan antara China dan Nepal. Cho Oyu berarti "Dewi Pirus" dalam bahasa Tibet.

Cho Oyu pertama kali dicoba pada tahun 1952 oleh sebuah ekspedisi yang diselenggarakan dan dibiayai oleh Komite Bersama Himalaya dari Inggris sebagai persiapan untuk usaha di Gunung Everest pada tahun berikutnya. Ekspedisi dipimpin oleh Eric Shipton dan termasuk Edmund Hillary & Tom Bourdillon , tetapi kesulitan teknis pada tebing es di atas 6.650 m (21.820 ft) yang di luar kemampuan mereka.

Kemudian, pada tanggal 19 Oktober 1954, melalui punggungan barat utara, Herbert Tichy , Yusuf Jöchler dan Sherpa berhasil melakukan ekspedisi ini.

7. Gunung Dhaulagiri


Dhaulagiri adalah gunung tertinggi ke-7 di dunia, dengan ketinggian 8.167 meter (26.795 kaki). Dhaulagiri pertama kali di naiki pada Mei 13, 1960 oleh sebuah ekspedisi Swiss / Austria.

8. Gunung Manaslu


Mansalu merupakan yang tertinggi kedelapan gunung di dunia, dan terletak di Himal Mansiri , bagian dari Nepal Himalaya , di-tengah bagian barat Nepal. Namanya, yang berarti "Gunung Roh", berasal dari bahasa Sansekerta kata Manasa, yang berarti "kecerdasan" atau "jiwa". Manaslu pertama kali naik pada tanggal 9 Mei 1956 oleh Toshio Imanishi dan Gyalzen Norbu, anggota Jepang ekspedisi. Dikatakan bahwa "seperti halnya Inggris mempertimbangkan Everest gunung mereka, Manaslu selalu menjadi gunung Jepang ".

Manaslu pada 8.156 meter (26.759 kaki) di atas permukaan laut (MSL) merupakan puncak tertinggi di Kabupaten Lamjung dan terletak sekitar empat puluh mil sebelah timur Annapurna . panjang pegunungan Gunung dan lembah gletser menawarkan pendekatan layak dari segala arah, dan berujung pada puncaknya yang tajam di atas menara pemandangan sekitarnya, dan merupakan fitur yang dominan bila dilihat dari jauh.

9. Gunung Nanga Parbat


Nanga Parbat adalah tertinggi kesembilan gunung di bumi dengan ketinggian puncak 8.126 meter (26.660 kaki). Nanga Parbat diterjemahkan menjadi "Naked Mountain" dalam bahasa Inggris ; Parbat berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti parvata "gunung, batu", dan Nanga dari bahasa Sansekerta yang berarti nagna "telanjang". Dikenal juga sebagai "Killer Mountain", Nanga Parbat adalah salah satu gunung yang mematikan untuk pendaki pada paruh pertama abad kedua puluh. walaupun masih sebuah pendakian yang sangat serius. Ini juga merupakan puncak, besar dramatis yang naik jauh di atas daerah sekitarnya.

10. Gunung Annapurna


Annapurna adalah bagian dari Himalaya di utara-tengah Nepal yang dengan ketinggian 8091 meter (26.545 kaki) menjadikan gunung ini berada di posisi ke-10 gunung tertinggi di dunia.

Puncak gunung Annapurna adalah yang paling berbahaya untuk pendaki di dunia. Pada tahun 2007, telah ada 153 kecelakaan puncak Annapurna, dan 58 kematian pendaki di gunung ini.

thank's to : WIKIPEDIA
Artikel Menarik Lainnya
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:


Posting Komentar

Paling Di Minati Pengunjung