rss

daftar isi lengkap

16 Mei 2011

10 Negara Terkorup Di Dunia

Dasa Warta - Sahabat DW tahukah anda arti korupsi ? Korupsi (bahasa Latin: corruptio dari kata kerja corrumpere yang bermakna busuk, rusak, menggoyahkan, memutarbalik, menyogok). Secara harfiah, korupsi adalah perilaku pejabat publik, baik politikus|politisi maupun pegawai negeri, yang secara tidak wajar dan tidak legal memperkaya diri atau memperkaya mereka yang dekat dengannya, dengan menyalahgunakan kekuasaan publik yang dipercayakan kepada mereka.

Berikut adalah 10 negara terkorup pada tahun 2010.

10. Equatorial Guinea


Republik Guinea terletak di garis Khatulistiwa tepatnya daerah Afrika barat pusat. Nilai ekspor Equatorial Guinea jauh lebih tinggi dari biaya impor. Equatorial Guinea terus bergantung pada investasi asing.

Corruption perseption index score : 1,9

9. Burundi


Burundi adalah sebuah negara di wilayah Danau Besar Afrika Timur yang berbatasan dengan Rwanda, Tanzania dan Republik Demokratik Kongo. Ekonomi Negara Burundi berbasis pada pertanian dengan didukung lebih dari 90% dari angkatan tenaga kerja yang sebagian besar dari mereka adalah petani subsisten
Meskipun Burundi berpotensi sebagai negara yang mandiri dalam produksi pangan, tetapi akibat perang sipil, kelebihan penduduk, dan erosi tanah memberikontribusi pada keterpurukan ekonomi negara tersebut yaitu sebesar 30% dalam beberapa tahun terakhir.

Corruption perseption index score : 1,8



8. Chad


Chad adalah sebuah negara  di daratan Afrika Tengah yang berbatasan dengan Libya, Sudan, Republik Afrika Tengah, Kamerun dan Nigeria.  
Kekeringan, minimnya infrastruktur dan kekacauan politik menyebabkan keterpurukan ekonomi negara ini. Sekitar 85% dari penduduk bergantung pada pertanian termasuk menggembalakan ternak.

corruption perseption index score : 1,7


7. Sudan

Sudan adalah sebuah negara agraris. Negara agraris ini mempunyai tenaga kerja 80% di sektor pertanian, tetapi hanya memberikan kontribusi 35% kepada PDB, sedangkan sektor Industri pengolahan hasil pertanian dan manufaktur ringan yang mempunyai kontribusi besar terhadap PDB
Para pejabat Sudan termasuk Presiden Omer Hassan Al-Bashir sering membicarakan anti korupsi, akan tetapi persepsi publik tentang pemberantasan korupsi hanya merupakan isapan jempol belaka. 
Sama tidak dengan di indonesia ?

Corruption perseption index score : 1,6

6. Turkmenistan


Negara ini adalah negara yang kaya akan minyak dan gas alam di bawah laut Kaspia dan disepanjang pantainya. Ekonomi Turkmenistan masih sangat tergantung pada energi. Kebijakan pemerintah menguasai sebagian besar ekonomi membuat ekonomi marjinal dan ketidakstabilan.
Inefisiensi dan interferensi pemerintah telah memperlambat pembangunan sektor swasta dan pertumbuhan lapangan kerja.

Corruption perseption index score : 1,6
 

5. Uzbekistan

Uzbekistan kaya akan sumber daya mineral. Intervensi Negara masih cukup besar dalam berbagai bidang ekonomi akan tetapi terus menghambat pembangunan ekonomi jangka panjang. Campur tangan politik dan korupsi telah mendarah daging seluruh layanan publik.  
Reformasi ekonomi merupakan proses yang belum selesai di Uzbekistan

Corruption perseption index score : 1,6


4. Iraq

Irak sangat tergantung pada bantuan asing dalam beberapa tahun terakhir, baik dari negara-negara Barat dan Arab. Negara ini juga memiliki kekurangan tenaga kerja parah, tingginya gangguan keamanan dan lemahnya pemberantasan korupsi.

Corruption perseption index score : 1,5

3. Afganistan
 


Akibat perang, ekspor telah berkurang hingga minimum, kecuali untuk perdagangan ilegal opium dan ganja. Negara ini juga menjadi produsen heroin, yang berasal dari opium.  
Afghanistan sangat tergantung pada bantuan internasional dan para mitra dagang utama mereka yaitu Pakistan, Amerika Serikat, dan India.

Corruption perseption index score : 1,4


2. Myanmar


Ekonomi Myanmar telah memburuk bahkan lebih dalam beberapa tahun terakhir. Investasi kebebasan, kebebasan finansial, hak milik, dan lemahnya pemberantasan korupsi. Stabilitas Moneter masih rapuh serta inflasi yang sangat tinggi, terutama dalam pencetakan uang yang berlebihan untuk membiayai defisit fiskal.
Hampir tiga perempat dari penduduk Myanmar bekerja di sektor pertanian dan sepuluh persen penduduknyabekerja di sektor industri.

Corruption perseption index score : 1,4

1. Somalia





Faktor-faktor yang menyebutkan  Negara Somalia peringkat terburuk korupsi adalah laporan bantuan pangan internasional, bahwa setangan dari bantuan tersebut dialihkan, padahal bantuan itu diperuntukkan bagi 2,6 juta jiwa rakyat somalia yang kelaparan.
Somalia mengalami kekeringan selama dua tahun berturut-turut, sehingga menjadikan negara somalia sepenuhnya tergantung pada bantuan pangan asing
Korupsi telah merusak setiap aspek kehidupan masyarakat Somalia. Maraknya Bisnis haram seperti menghindari pajak, menjual makanan dan obat-obatan kadaluarsa menambah penderitaan bagi rakyat somalia.
Corruption perseption index score : 1,4

Beruntung Indonesia tidak termasuk dalam daftar hitam 10 besar negara terkorup di dunia, walaupun masih banyak terjadi kasus korupsi di negeri ini.

thank's to : http://cournod.blogspot.com
Artikel Menarik Lainnya
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

1 komentar:

Ikhwan Creative on 2 Juli 2011 pukul 12.32 mengatakan...

hemmm... kok banyak negara mayoritas umat Islam yach ..... !!!!

BANDUNG Paris van Java With Love: CETAK BUKU YASIN / MAJMU' SYARIF


Posting Komentar

Paling Di Minati Pengunjung