rss

daftar isi lengkap

11 Juni 2011

10 Stasiun Televisi Swasta Pertama di Indonesia

Dasa Warta - Sahabat DW, Sejarah pertelevisian di Indonesia memang panjang, Dalam perjalananya, Dunia pertelevisian Indonesia tak lepas dari adanya unsur politik negeri Ini. Di dalam daftar 10 Stasiun Televisi swata pertama di Indonesia ini, anda akan melihat betapa peran banyak politisi dalam proses pembangunan Stasiun televisi swasta di Indonesia ini. Dalam daftar ini, kami hanya akan menyertakan stasiun televisi swasta yang sudah bertingkat nasional, dan bukan regional (jadi jangan heran jika Jogja Tv, Bali TV, Jak Tv, dan yang lainya tidak akan masuk dalam daftar ini). Pengurutan daftar ini kami dasarkan pada tanggal penyiaran nasional perdana, dan bukan berdasarkan tanggal berdirinya.

Berikut adalah daftar 10 Stasiun televisi swasta pertama di Indonesia:

1. RCTI
RCTI atau Rajawali Citra Televivi Indonesia adalah satsiun televisi swasta pertama di Indonesia. RCTI didirikan untuk saranan alternatif siaran tontonan yang menarik yang sebelumnya selalu didominasi oleh TVRI (gimana nggak mendominasi, la TVRI kan stasiun televisi satu-satunya di Indonesia). Dan mengudara pertama kalinya pada tanggal 1 Januari 1987. dan kemudian memulai siaran percobaan secara global pada tanggal 1 januari 1988 dan Diresmikan pada tanggal 24 Agustus 1989. Pada awalnya Ijin siaran RCTI awalnya adalah untuk area Jabodetabek, tapi karena semakin hari semakin banyak peminat siaran RCTI, maka kemudian RCTI mulai siaran secara bebas di Indonesia dengan dibarengi ijin pemerintah atas hak siaran di Indonesia pada tanggal 24 Agustus 1990
http://2.bp.blogspot.com/_Cc3gulUhlvs/SY60wirfzlI/AAAAAAAAA1k/F5WwCCUGy2k/s320/RCTI.jpg
2. TPI
TPI (dulu merupakan singkatan dari Televisi Pendidikan Indonesia) merupakan Stasiun Swasta kedua di Indonesia, pada awalnya, TPI merupakan stasiun yang berbagi dengn TVRI yang khusus menyiarkan berbagai acara pendidikan dan edukasi. Mengudara secara nasional pertama kalinya pada tanggal 1 Januari 1991.dan diresmikan pada tanggal 23 Januari 1991 oleh Presiden Soeharto di Studio 12 TVRI. Walaupun dulunya TPI berkongsi dengan TVRI, tapi di pertengahan tahun 90-an, TPI mulai memisahkan diri dari TVRi dan mulai membuat siaran sendiri serta mulai mengurangi siaran pendidikan, dan kemudian berubah kepanjangan menjadi Televisi Paling Indonesia.

3. SCTV
SCTV (awalnya singkatan dari Surabaya Central Televisi Indonesia), hal ini memang sebenarnya SCTVpada awalnya adalah stasiun yang memancarkan siaran RCTI (yang pada saat itu hanya mengudara di daerah Jabodetabek) di daerah Surabaya dan sekitarnya. Maka tak heran jika saat ituy, SCTV dan RCTI dikenal sebagai saudara kembar. Mengudara pertama kali pada tanggal 24 Agustus 1990 (berbarengan dengan keluarnya ijin RCTI untuk mengudara secara nasional). pada awalnya, siaran SCTV hanya berupa siaran RCTI yang disiarkan kembali, tapi lama-kelamaan, SCTV mulai membuat siaran sendiri dan mulai terpisah dengan RCTI.Dan Pada tahun 1991, siaran SCTV mulai meluas ke daerah luar teritori surabaya seperti Bali, Lamongan, Banyuwangi, dll. Sejak saat itulah kemudian SCTV mengubah kepanjanganya menjadi Surya Citra Televisi Indonesia.SCTV sendiri mulai mengudara secara nasional pada tanggal 1 Januari 1993, dengan berbekal SK Menteri Penerangan No. 111/1992


4. Antv
Antv (dieja Anteve, singkatan dari Andalas Televisi) adalah salah satu stasiun televisi swasta nasional di Indonesia. Pada awalnya, pemancar utama Antv didirikan di bandar lampung pada tanggal 1 Januari 1993 dan menyiarkan acaranya di daerah bandar lampung, Baru pada tanggal 18 Januari 1993 antv mendapat stasiun televisi siaran nasional di kota Jakarta melalui Keputusan Menteri Penerangan RI No. 04A/1993. Antv baru diresmikan pada tanggal 1 Maret 1993.


5. Indosiar
Indosiar adalah salah satu stasiun televisi swasta Indonesia yang beroperasi di Daan Mogot Jakarta Barat. Stasiun televisi yang dikelola oleh PT Indosiar Karya Media Tbk Pertama kalinya beroperasi secara nasional pada tanggal 1 September 1994 di Jakarta dan dirtesmikan pada tanggal 1 januari 1995. Pada awal siaranya, Indosiar banyak menayangkan acara-acara favorit keluarga dan menjadi salah satu Stasiun Televisi paling banyak ditonton pada era 90-an. Tapi kini, pamornya mulai turun sejalan dengan makin banyaknya Stasiun stasiun televisi baru yang mendapat hak siar.

6. Trans TV
Trans TV (Televisi Transformasi Indonesia) didirikan pada tanggal 1 Agustus 1998 Trans TV mulai resmi disiarkan pada 10 November 2001 meski baru terhitung siaran percobaan, Trans TV sudah membangun Stasiun Relai TV-nya di Jakarta dan Bandung. Siaran percobaan dimulai dari seorang presenter yang menyapa pemirsa pukul 19.00 WIB malam. Trans TV kemudian pertama mengudara mulai diluncurkan diresmikan Presiden Gus Dur sejak tanggal 15 Desember 2001 sejak sekitar pukul 19.00 WIB Malam, TRANS TV memulai siaran secara resmi.

7. Trans 7
Trans 7 adalah sebuah Stasiun televisi yang sebelumnya bernama Tv7. Stasiun televisi ini Didirikan pertama kalinya pada tanggal 22 Maret 2000 dan dikelola oleh PT Duta Visual Nusantara Tivi Tujuh, dan diluncurkan pertama kalinya pada tanggal 10 November 2001.Sebelum bernama Trans 7, Stasiun televisi ini bernama Tv7, Tapi setelah PT Trans Corpora membeli saham PT Duta Visual Nusantara Tivi Tujuh sebesar 49%, maka kemudian Tv7 berganti nama menjadi Trans7 pada tanggal 4 Agustus 2006 dan dilaunching ulang pada tanggal 15 Desember 2006

8. Tv One
TvOne (yang sebelumnya bernama Lativi) adalah stasiun televisi yang didirikan dan menyiarkan siaranya pertama kali pada tanggal 9 Agustus 2002.Pada awalnya, isi siaranya berupa acara hiburan keluarga, Tapi sejak tanggal 14 Februari 2008, Lativi resmi berganti nama dengan nama TvOne dan sejak saat itu, TvOne mulai banyak menyiarkan berita (bahkan komposisi acara beritanya mencapai 70%).
http://www.arrahmah.com/images/stories/09/logo+tv+one.JPG

9. Metro TV
Metro Tv merupakan stasiun televisi milik PT Media Televisi Indonesia (anak perusahaan dari Media Group,suatu kelompok usaha media yang dipimpin oleh Surya Paloh), Pertama kalinya memperoleh izin siar secara nasional pada tanggal 25 oktober 1999. Metro Tv mengudara pertama kalinya pada tanggal 25 November 2000. pada awalnya, metro tv hanya mengudara di 7 kota dan hanya berporsi 7n jam sehari, tapi sejak 1 April 2001, Metro Tv mengudara secara penuh. Stasiun televisi ini mempunyai ciri khas yaitu hanya menyiarkan siaran yang berbau berita dan educational, jadi jangan harap bisa menemukan acara tak bermutu di Stasiun televisi ini.

10. Global TV
Global Tv merupakan stasiun televisi swasta yang dikelola oleh Media Nusantara Citra (perusahaan media yang juga memiliki RCTI dan TPI). Didirikan dan diluncurkan pertama kalinya pada tanggal 8 Oktober 2002, dan pada awalnya hanya disiarkan untuk merelay acara MTV Asia yang pada awalnya ditayangkan di Antv. Namun sejalan dengan makin turunya pamor MTV Asia, Global TV lalu mulai menyiarkan acara sendiri (saat itu program yang menonjol adalah acara-acara dari Nickelodeon). Dan kini Global Tv telah mampu menyiarkan banyak acara-acara bermutu.
http://www.nadamusik.com/wp-content/uploads/2008/09/globaltv_3rd_logo.jpg



sumber
Artikel Menarik Lainnya
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:


Posting Komentar

Paling Di Minati Pengunjung